Rumah Makan Tongseng Kambing, Sedap Tanpa bau


Sebelum kita kupas rumah makan tongseng yang enak, simak dulu resepnya berikut.

Tongseng kambing tanpa santan

Bahan-bahan

  1. 1/2 kg daging kambing
  2. 2 buah tomat
  3. 10 buah cabai rawit utuh
  4. 2 batang daun bawang
  5. 1/2 lingkar kol
  6. Kecap
  7. Serai
  8. 2 buah Daun jeruk
  9. 4 buah Daun salam
  10. Penyedap rasa
  11. Gula
  12. Bumbu halus
  13. Garam
  14. 1 buah Kemiri
  15. 1/2 ruas kunyit
  16. 4 siung bawang putih
  17. 6 siung bawang merah
  18. Merica

Langkah

1.      Rebus daging kambing kurang lebih 20 menit supaya gak keras
2.      Haluskan bumbu halus bawang merah dan putih, kunyit, merica, kemiri, garam
3.      Potong2 tomat, kol, dan daun bawang
4.      Tumis bumbu halus sampai harum atau layu, masukkan serai, daun jeruk dan daun salam
5.      Masukkan daging yang sudah di rebus, aduk2 dan tambahkan air agak banyak biar tidak terlalu kental
6.      Beri penyedap rasa, gula dan sedikit kecap
7.      Masukkan irisan kol, daun bawang, cabai, aduk2 dan koreksi rasa, jika kurang asin bisa ditambah garam
8.      Jika sudahh matang, tinggal di sajikan, selamat mencobaaa


Jika dirumah sibuk dan tidak sempat membuat sendiri, yuuuk lihat penjelasan dibawah ini. Biar nggak makin penasaran juga, yuk simak delapan rumah makan tongseng kambing yang enak dan tidak bau :

1. Tongseng Kambing Pak Jan

Tongseng kambing ini berada di daerah Magetan, Jawa Timur. Dijual dalam sebuah warung makan sederhana yang juga menyajikan menu sate tongseng. Cara memasaknya unik, daging kambing dipanggang setengah matang, lalu dilepas dari tusuk sate.

samkuliner.com
samkuliner.com
Kemudian baru diolah kembali dengan bumbu tongseng. Siraman kuah gule dari sebuah kuali tanah liat yang membuat rasanya cukup sedap. Dihidangkan dengan irisan kubis yang krenyes-krenyes. Kamu bisa menikmatinya hanya dengan harga, dua puluh ribu rupiah saja.
Berlokasi di : Jalan Raya Takeran, Magetan.
Buka dari : 10:00-habis

2. Tongseng Pak Dono

Menu olahan kambing yang satu ini sudah cukup melegenda dan banyak dikunjungi oleh warga Surabaya loh. Karena rasanya yang nikmat dan tongseng buntelnya yang mantap.
 
instagram.com/reanomicorazon

Sate buntel di sini adalah, daging kambing halus yang dikepal-kepalkan di tusuk sate. Hal itulah yang membuat aromanya cukup kuat bakaran kambing. Dengan kuah gule dan rempah-rempah yang lengkap menghangatkan tenggorokan. Harganya mulai dari lima belas ribu rupiah saja.
Berlokasi di : Jalan Kalasan, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya.
Buka dari : 10:00-habis

3. Sate Pak Mei

Warung makan di Surabaya yang satu ini memang terkenal dengan menu satenya yang enak dan empuk. Tapi, semangkuk menu tongsengnya juga nggak boleh terlewat untuk dicoba loh.

instagram.com/e_ndro


Kelezatan menu tongsengnya ada di setiap kuah rempah-rempah sedapnya yang bikin makan siangmu puas. Irisan tomat merah segar juga nggak lupa untuk disajikan sebagai penyeimbang rasa. Kuah kental menu tongseng ini rasanya manis, jadi kalau kamu penyuka rasa pedas bisa menambahkan sambal.

Berlokasi di : Jalan Gayungsari Bar no.17, Gayungan, Surabaya.
Buka dari : 10:00-21:45 Wib.

4. Sate & Tongseng Pak Budi

Restoran di Jakarta ini sudah pasti menjadi tempat makan para penggemar daging kambing. Semangkuk sup daging kambingnya yang kental bisa menghipnotis siapa saja yang memakannya.

instagram.com/sandy.hendarwanto
Irisan kol yang melimpah dan daging kambingnya nendang banget, membuat siapapun pasti senang. Terlebih jika dipadukan dengan sate kambing dengan bumbu kecap yang manis. Harganya cuman dua puluh ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan RC Veteran, Bintaro, Jakarta.
Buka dari : 10:00-22:00 Wib.

 

5. Sate Pejompongan

Menu di warung makan yang satu ini punya keunikan tersendiri loh. Makan sate nggak langsung dari tusuknya. Jadi gak ribet ataupun takut bumbu kecapnya mengenai baju.

instagram.com/sawitri3007

Untuk menu tongseng kambing justru sangat direkomendasikan. Dengan kuah gula kental denga irisan kubus dan ada tambahan tahu goreng sutra yang gurih. Jadi makin enak dan lahap. Kenyang dalam sekali suapan deh.

Berlokasi di : Jalan Penjernihan 1 no.4, Tanah Abang, Jakarta.
Buka dari : 10:00-21:30 Wib.

6. Sate Solo Pak Agus

Tongseng kambing yang ada di Jakarta ini punya harga yang lebih murah yaitu delapan belas ribu saja. Nggak salah kalau warung makannya selalu ramai.

instagram.com/caknarto

Kuah kental santan dengan isian jeroan, potongan ketupat, dan taburan bawang goreng yang renyah. Bikin ketagihan dan nafsu makan bertambah. Aroma gule yang kuat cukup membuatmu tergoda untuk langsung memakannya.

Berlokasi di : Jalan Siaga Rasa no.7, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta.
Buka dari : 10:30-22:00 Wib.

7. Warung Sate Sidareja Pak Gino

Warung makan di Bandung ini punya menu yang olahan daging kambing yang nggak perlu diragukan lagi. Karena menunya sudah cukup terkenal bagi para pecinta kuliner.

instagram.com/saribanon
Menu spesial yang menjadi andalan sate kambing, tongseng kambing, dan sate bundel. Semua masakan itu bisa dicicipi di satu warung saja. Tenang, jangan takut pusing karena darah tinggi dulu ya. Karena ada potongan sayuran disetiap menunya sebagai penyeimbang.

Berlokasi di : Jalan Sunda no.76, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung.
Buka dari :  09:00-23:00 Wib.

8. Sate Cilampeni 40

Mau menikmati menu tongseng kambing di sebuah rumah makan hist di Bandung? Di sini tempatnya. Langsung saja mampir dengan teman kantormu seusai jam kerja. Biar kalau pulang bisa langsung istirahat.

instagram.com/dad_dish
Penyajiannya pun cukup unik dengan irisan daun bawang dan cabai tanpa dipotong. Bisa jadi sensasi makan tersendiri loh. Apalagi kalau pas kena gigitan cabainya. Harganya tiga puluh ribu rupiah saja loh, mau mampir?

Berlokasi di : Jalan Halimun no.21, Bandung. 
Buka dari : 10:00-21:00 Wib. 
Delapan warung makan tongseng kambing yang bisa kamu cobain. Apalagi kalau kamu pecinta daging kambing yang empuk dan gurih. Cocok banget datang ke beberapa restoran di atas. Yuk, waktunya kuliner enak!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.