Jenis Nutrisi Terbaik untuk Sendi Lutut


Biaya operasi TKR tergolong berat dan jika anda harus menjalani tindakan ini demi kesehatan lutut anda, maka anda bisa klaim asuransi agar biaya operasi menjadi lebih ringan. TKR merupakan Total Knee Replacement dan tindakan ini dilakukan pada orang yang mengalami gangguan pada sendi lutut yang sudah memasuki tahap parah hingga tidak bisa diperbaiki lagi dengan obat apapun.
Ketika anda mengalami nyeri sendi lutut, anda tidak akan bisa melakukan aktivitas dengan normal. Anda pasti kesulitan untuk melakukan aktivitas seperti biasa karena lutut akan sulit untuk menopang tubuh anda. Karena itulah kesehatan sendi lutut sangat penting untuk diperhatikan. Jika anda menjaga kesehatan sendi lutut anda dengan baik, resiko gangguan sendi lutut bisa diminimalkan.
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan sendi lutut adalah makan makanan yang sehat. Pola makan ternyata sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan sendi lutut. Ada beberapa jenis nutrisi yang penting untuk kesehatan sendi lutut. Apa saja jenis nutrisi itu?
Nutrisi untuk Sendi Lutut
Sebelum lutut anda mengalami gangguan hingga berkembang semakin parah dan anda harus membayar biaya operasi TKR untuk menjalani Total Knee Replacement, sangat dianjurkan bagi anda menjaga kesehatan lutut dengan sebaik mungkin. 

Berikut adalah beberapa jenis nutrisi yang bisa menyehatkan sendi lutut anda :

     1.    Vitamin C

Vitamin C bisa membantu memperkuat tulang lunak dan mencegah terjadinya osteoarthritis. Vitamin C bisa anda dapatkan dari berbagai jenis buah-buahan seperti stroberi, kiwi, jeruk, dan beberapa jenis sayuran seperti tomat dan paprika.

     2.    Vitamin D

Vitamin D sudah kita kenal sebagai jenis vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Asupan vitamin D yang cukup bisa mengurangi resiko kerusakan tulang lunak dan mencegah terjadinya gangguan pada sendi termasuk sendi lutut anda. Vitamin D bisa anda dapatkan dari daging ikan salmon, susu, telur dan lain sebagainya.

     3.    Betakaroten

Betakaroten merupakan jenis nutrisi yang bisa membantu melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh termasuk ke sendi lutut. Betakaroten bisa anda dapatkan dari brokoli, labu, bayam, aprikot, tomat, asparagus, dan lain sebagainya.

      4.    Bioflavonoid

Bioflavonoid adalah salah satu jenis zat yang bisa berfungsi sebagai antiradang. Beberapa contoh jenis makanan yang menjadi sumber bioflavonoid adalah bawang, brokoli, bluberi, teh hijau, aprikot, apel, dan lain sebagainya.
Itulah tadi beberapa jenis zat nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan sendi lutut. Bagi anda yang mulai merasakan gangguan pada sendi lutut seperti nyeri, panas, dan bengkak, anda bisa berkonsultasi ke dokter. Jika memang dibutuhkan tindakan Total Knee Replacement maka anda bisa langsung bertanya mengenai prosedur serta biaya operasi TKR.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.