Kelapa ijo, ampuh atasi keracunan




Kelapa ijo sudah turun temurun digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Kalau orang jaman dahulu berlomba-lomba menanam kelapa ijo ini di halaman rumah mereka karena ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tapi sekarang kita bisa sangat mudah menemukan si kelapa ijo ini di pedesaan bahkan di kota-kota besar. Karena sudah semakin banyak orang sadar bahwa si ijo ini banyak sekali manfaatnya. Di berfaedah.com pernah dibahas tentang kelapa ijo ini yang judul artikelnya wajib baca! Inilah 10 manfaat kelapa ijo untuk ibu hamil. Selain membantu memberikan nutrisi untuk ibu hamil dan juga membantu perkembangan janin, degan ijo ini juga sangat ampuh mengatasi keracunan.

Kelapa ijo mampu mengatasi berbagai penyakit. Diantaranya diare, dehidrasi, mual,  muntah, dan juga keracunan. Saat anda makan sembarangan di tempat-tempat yang kurang higenis, atau anda jarang mencuci tangan sebelum makan. Secara tidak sadar anda telah memasukkan banyak bakteri dalam tubuh anda. Bakteri-bakteri tersebut bisa menyebabkan sakit perut, diare, mual, muntah, bahkan keracunan. Jika bakteri sudah masuk tubuh anda, anda diare atau keracunan, lebih lama tubuh anda akan mengalami dehidrasi. Kelapa ijo ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasinya. Seseorang yang mengalami dehihdrasi pada dasarnya membutuhkan cairan elektrolit dalam jumlah yang banyak. Hal ini tidak cukup jika hanya didapatkan dari air mineral. Tubub masih butuh elektrolit dalam jumlah banyak. Kelapa ijo ini memiliki kandungan elektrolit yang cukup tinggi sehingga dapat untuk mengatasi dehidrasi yang terjadi. Selain itu kelapa ijo juga mengandung zat-zat yang dapat mendetoksifikasi tubuh. Jadi saat anda keracunan, racun-racun dalam tubuh dapat terdetox oleh degan ijo tersebut.

Degan ijo ini memang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama tapi ingat bukan yang utama ya. Jadi jika anda mengalami keracunan boleh sekali anda mengkonsumsi kelapa ijo tetapi setelah itu anda harus mencari pertolongan untuk menyembuhkan anda. Memang jika keracunan ringan dapat diatasi dengan kelapa ijo ini saja. Tetapi tidak semua keracunan bisa. Karena jika anda bertahan hanya mengkonsumsi kelapa ijo ini saja anda akan meninggalkan berbagai zat yang sebenarnya dibutuhkan untuk proses penyembuhan yang tidak terdapat dalam kelapa ijo. Jadi setelah mengkonsumsi kelapa ijo sebagai pertolongan pertama anda dapat langsung menuju dokter atau rumah sakit terdekat.


Takaran dalam mengkonsumsi kelapa ijo juga tidak boleh berlebihan. Saat anda mengalami keracunan atau dehidrasi anda cukup minum 1-2 gelas air kelapa ijo saja, jangan berlebihan karena air kelapa ijo mengandung kalium yang tergolong tinggi. Jika anda mengkonsumsi nya dalam jumlah banyak kadar kalium dalam tubuh anda akan meningkat dan akan terjadi hiperkalemia.

Kelapa memang meruapakan salah satu tanaman yang diciptakan Tuhan dengan banyak manfaat. Lihat saja dari mulai batangnya dapat digunakan sebagai bahan bakar, daunnya dapat digunakan untuk tikar batang daunnya untuk sapu lidi, sabut kelapanya untuk bahan bakar atau alat pembersih alat-alat rumah tangga, batok kelapa nya banyak dimanfaatkan untuk bahan bakar makanan, daging buahnya dapat dimakan, dan air kelapanya dapat diminum. Memang sangat dahsyat manfaat dari tanaman yang satu ini. Terlihat remeh tapi besar manfaatnya.

Kalau sudah tau manfaatnya boleh nih di rumah stok kelapa ijo. Walaupun kita tidak sakit, kita dapat mengkonsumsinya setiap hari untuk semua anggota keluarga kita, itung-itung sebagai detox selain memang nikmat saat dikonsumsi.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.