Menilik 2 Nilai Sejarah Dibalik Pernikahan di Kana



Pernikahan di Kana adalah sebuah tragedi yang pada akhirnya menjadi momen dimana mukjizat Yesus terjadi. Kana adalah nama dari sebuah kota yang ada di provinsi Galilea pada abad pertama Masehi, yang juga disebut dan dicantumkan dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab umat Kristen, khususnya di dalam Injil Yohanes.
Di kota ini, Yesus Kristus dikisahkan melakukan mujizat-Nya yang pertama, yakni mengubah air menjadi anggur dalam sebuah pesta pernikahan. Kisah ini telah dicantumkan dalam Injil Yohanes pada pasal 2.
Yuk intip 2 nilai sejarah yang banyak disandingkan dengan pernikahan di Kana.

      1.    Mukjizat Pertama Yesus
Terjadinya mukjizat pertama Yesus pada peristiwa pernikahan di Kana ini, meskipun tidak dicatat di ketiga Injil yang lain, dalam Injil Yohanes, ternyata mukjizat ini penting sebab merupakan mukjizat yang pertama dari tujuh tanda bahwa Yesus Kristus itu adalah Anak Allah dan dengan hal itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, serta murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.
Kendati demikian, hingga kini perihal ini masih menjadi bahan perdebatan. Apakah kisah ini sungguh-sungguh ada atau hanya perumpanan rohani semata.
Sebagai alegori, ada hikmah yang dapat diambil dari kisah ini, yakni harapan serta kabar sukacita seperti yang dikatakan oleh pemimpin pesta perkawinan kepada pengantin laki-laki pada Ayat 10, yakni:
"Setiap orang pasti menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah menghidangkan anggur yang kurang baik; akan tetapi Engkau menyimpan anggur yang baik hingga sekarang."

      2.    Kedatangan Yesus Membawa Harapan
Selain penjelasan diatas, peristiwa yang terjadi pada pernikahan di Kana juga dapat diartikan bahwa meskipun saat paling gelap adalah menjelang terbitnya fajar, tetapi hal yang baik akan segera datang.
Makna yang lebih umum dari itu adalah bahwa kedatangan Yesus adalah sebagai sebuah hal yang membawa harapan. Dalam Injil ini di pasal 14 juga dijelaskan bahwa Yesus merupakan pokok dari anggur yang sejati.
Kehadiran Yesus di dalam pesta pernikahan dan penggunaan sebuah kuasa ajaib untuk menyelamatkan pesta tersebut dari malapetaka (yakni, kehabisan minuman anggur) diartikan juga sebagai persetujuan Yesus akan institusi pernikahan.

Nah, setelah mengetahui makna dibalik Pernikahan di Kana, Anda pasti semakin ingin mengunjunginya, bukan? Untuk memudahkan perjalanan wisata rohani Anda tersebut, ada baiknya Anda menggunakan fasilitas tour dan travel dari INSIGHTTOUR.ID ya! Selain menyediakan fasilitas tour dan travel di Israel, Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas penunjang lainnya, lho.  

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.